by Putra

Cara print rekening koran BCA itu mudah. Anda dapat mencetaknya dengan bantuan customer service, bisa juga melakukannya sendiri via ibanking.

Kedua metode ini tentu memiliki kelebihan masing-masing. Agar bisa melakukan keduanya, silakan aktifkan internet banking di kantor cabang terdekat bila belum terdaftar pada layanan ini. Internet banking BCA sangat mudah digunakan, jadi Anda tak perlu khawatir.

Cara Print Rekening Koran BCA Mudah, via Kantor dan iBanking

Pada kesempatan ini, kami akan membahas cara cetak rekening koran bank BCA. Selamat menyimak.

Cara print rekening koran BCA yang mudah melalui kantor

Sebelum internet banking ada, semua nasabah bank harus mencetak rekening koran (RK) melalui kantor cabang. Jika Anda masih melakukan cara manual ini karena belum punya akun internet banking, silakan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Datanglah ke kantor cabang terdekat, tidak harus ke cabang pembuatan rekening.
  2. Bawa KTP, kartu debit, dan buku tabungan BCA sebagai dokumen persyaratan.
  3. Masuk ke kantor cabang dan ambil nomor antrean ke customer service.
  4. Tunggu sebentar.
  5. Saat giliran Anda tiba, silakan datang ke customer service dan sampaikan tujuan kedatangan, yakni untuk mencetak rekening koran.
  6. Customer service akan menjelaskan sejenak dan membantu Anda sampai prosesnya selesai.
  7. Silakan diikuti setiap tahapannya dengan sabar.
  8. Pastikan bahwa periode RK yang diinginkan sudah sesuai.

Bila sudah tercetak, Anda mungkin perlu membayar biaya pencetakan. Biaya ini dikenakan per lembar RK yang tercetak. Semakin banyak lembarnya, semakin tinggi pula harganya.

Untuk bank BCA, tarif yang ditetapkan biasanya adalah sebesar Rp 2.500,- per lembar. Tarif ini bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Yang terpenting, Anda harus melakukan pembayaran sesuai dengan tagihan yang ada. Pembayarannya bisa dengan uang cash atau langsung potong tabungan. Silakan sampaikan langsung kepada customer service sesuai dengan pembayaran yang Anda kehendaki.

Catatan: Perlu diketahui bahwa pencetakan RK dengan metode ini harus dilakukan oleh pemilik rekeningnya secara langsung (tidak bisa diwakilkan). Apabila ingin diwakilkan, maka pasti butuh surat kuasa dari pemilik kepada orang yang mewakili.

Hal ini dilakukan supaya data nasabah tetap aman dan tidak bocor ke pihak lain. Bagaimanapun, keamanan data merupakan salah satu hal yang pasti dijaga oleh seluruh perusahaan keuangan. Termasuk kami yang selalu menjaga privasi dan kerahasiaan data para konsumen saat meminjam dana.

Maka dari itu, jika Anda membutuhkan pinjaman dana tunai cepat, hubungi kami secepatnya.

Baca Juga:

Dapatkan Pinjaman Dana Tunai Saat Anda Membutuhkannya

Cetak rekening koran BCA via internet banking

Jika Anda sering butuh mencetak RK tabungan, maka sebaiknya cetak rekening korannya dari internet banking saja. Caranya sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama untuk melakukannya.

Nasabah juga tidak perlu datang ke kantor saat mencetak RK sehingga tidak perlu antre panjang. Sangat simpel, menghemat waktu, tenaga, dan biaya.

Untuk memakai layanan internet banking ini Anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dulu. Silakan ikuti langkah di bawah ini agar lebih jelas:

Cara daftar internet banking BCA

Untuk mendapatkan fasilitas ibank BCA yang sering disebut klik BCA, silakan daftarkan diri dulu dengan mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Datang ke kantor cabang terdekat.
  2. Bawa KTP, buku tabungan, dan kartu debit.
  3. Ambil nomor antrean ke customer service.
  4. Sampaikan kebutuhan Anda kepada CS.
  5. CS akan membantu, jadi silakan ikuti setiap tahapannya sampai selesai.

Langkah di atas adalah pendaftaran klik BCA individual atau perorangan. Jika Anda mendaftar untuk bisnis, dokumen persyaratannya mungkin akan ada yang berbeda.

Jika sudah terdaftar, Anda akan memperoleh token BCA yang bisa dipakai untuk bertransaksi keuangan via internet banking. Mulai dari transfer uang, melakukan pembayaran, dan yang lainnya. Kalau hanya untuk sebatas mengecek mutasi rekening atau saldo, token ini tidak diperlukan.

Buka e-statement

Setelah melakukan pendaftaran internet banking, Anda bisa mengakses seluruh informasi yang ada di dalamnya. Salah satu fitur yang bermanfaat untuk mengecek rekening koran adalah e-statement. Lewat fitur ini, Anda bisa mencetak rekening 6 bulan terakhir.

Fitur ini berbeda dengan menu mutasi rekening. Sebab informasi yang bisa ditampilkan oleh menu mutasi hanya maksimal 1 bulan saja. Histori tabungan Anda hanya akan tampil selama 30 hari ke belakang. Pada tampilan HP, bahkan hanya 7 hari.

Itulah perbedaan yang kentara antara rekening koran dan mutasi rekening, di mana jangka waktu keduanya sangat berlainan. Di sini, RK memiliki jangka waktu yang lebih panjang.

Nah, berikut ini adalah langkah untuk mengakses e-statement melalui internat banking BCA:

  1. Buka situs klik BCA individual.
  2. Log in dengan memasukkan user ID dan PIN dengan benar.
  3. Klik log in jika PIN dan User ID-nya sudah benar.
  4. Setelah berhasil masuk, silakan lihat menu yang ada di sebelah kiri. Klik opsi e-statement.
  5. Pilih opsi Tabungan dan Giro.
Cetak rekening koran BCA via internet banking - e statement
  1. Pilih periode e-statement yang diinginkan.
Cetak rekening koran BCA via internet banking - periode e statement
  1. Klik Download.
  2. Tunggu sebentar sampai prosesnya selesai.

Sebagai catatan, bentuk file e-statementnya nanti adalah pdf. Jadi, akan lebih mudah dibuka seusai diunduh.

File yang muncul juga merupakan RK dalam satu bulan. Jadi, bila Anda ingin melakukan cara print rekening koran BCA dalam beberapa bulan, lakukan langkah di atas beberapa kali dengan memilih periode yang dibutuhkan.

Sampai di sini, Anda sudah bisa mendapatkan informasi RK secara rinci dari bank BCA. Silakan gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Apabila yang Anda butuhkan adalah pinjaman dana tunai, maka silakan ajukan pinjaman kepada kami. Jaminannya sangat mudah dan prosesnya cepat.

Baca Juga:

Butuh Dana Tunai Cepat? Dapatkan Sekarang Juga

Tujuan cetak RK

Rekening koran merupakan dokumen yang sangat penting dalam keuangan, baik untuk pribadi maupun keperluan bisnis (perusahaan). Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi tujuan dicetaknya rekening koran BCA:

1. Syarat pembuatan VISA

Untuk membuat VISA, RK merupakan dokumen yang pasti diperlukan dan menjadi syarat mutlak.

2. Menampilkan data mutasi secara lebih rinci

RK memiliki data yang sifatnya sangat rinci. Tidak hanya periodenya saja yang panjang. Dokumen ini memiliki informasi yang lebih rinci bila dibandingkan dengan mutasi rekening biasa.

3. Untuk mengikuti lelang

Saat hendak mengikuti lelang, Anda membutuhkan data rekening secara rinci untuk melakukan analisa atau sebagai syarat.

4. Mau melaporkan SPT tahunan

Untuk mempermudah dalam melakukan cara lapor SPT tahunan, Anda mungkin membutuhkan data ini untuk mengisi formulir yang ada. Dengan data yang rinci mengenai pemasukan, pengurusan pajak akan jauh lebih mudah.

Sifatnya hanya sebagai informasi buat Anda, tidak dilampirkan di laporannya.

5. Membantu menuliskan laporan keuangan (alat rekap data keuangan)

Bagi pemilik toko online atau pengusaha, rekening koran akan membantu Anda untuk melakukan rekapitulasi pendapatan dan melihat alur kas masuk dan keluar.

6. Bukti hukum

Untuk penjualan online, dokumen ini juga bisa jadi bukti yang memiliki kekuatan hukum.

7. Pengajuan pinjaman

Saat mengajukan pinjaman, misalnya KPR atau dana tunai. Rekening koran merupakan syarat mutlak untuk melihat alur pemasukan dan pengeluaran konsumen.

Kebutuhan cara print rekening koran BCA untuk pinjaman ini juga berlaku di kami. Dari sini, kami bisa menghitung angsuran yang tidak memberatkan buat konsumen.

Pinjaman Dana BFI Finance

Pinjaman dana BFI Finance adalah pinjaman multiguna dengan jaminan BPKB Mobil, Motor dan Sertifikat Rumah.


Anda butuh dana cepat untuk kebutuhan pribadi atau usaha dan lainnya? Dapatkan dana tunai cepat di BFI Finance!

Sumber:

Ibank.klikbca.com. https://ibank.klikbca.com/authentication.do

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}