by Putra

Butuh pinjaman agunan sertifikat tanah? Ada banyak pilihan lembaga yang bisa Anda tuju. Silakan pilih saja mana yang prosesnya paling cepat apabila kebutuhan dananya mendesak.

Di antara lembaga kredibel yang dapat dipilih adalah pegadaian, bank, BPR, hingga finance. Ketahui tips pengajuannya sehingga mendapatkan produk yang tepat.

Pinjaman Agunan Sertifikat Tanah dengan Proses Cepat

Kami akan membahas tempat terbaik sekaligus tipsnya dalam artikel ini. Selamat menyimak.

Lembaga pinjaman agunan sertifikat tanah yang prosesnya cepat dan aman

Lembaga pinjaman agunan sertifikat tanah yang prosesnya cepat dan aman

Berikut ini beberapa pilihan perusahaan yang bisa dipercaya untuk dipinjami uang dalam kondisi mendesak dengan jaminan sertifikat tanah, baik tanah kosong yang belum ada bangunannya maupun tanah produktif seperti perkebunan, sawah, ladang, atau yang lain.

1. BPR

Jumlah BPR atau Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia lumayan banyak. Bahkan, jangkauannya juga sangat luas sampai ke pelosok desa. Masing-masing BPR biasanya punya namanya sendiri dan umumnya sudah memiliki izin dari OJK.

Namun agar lebih aman, silakan cek BPR yang ada di sekitar Anda, apakah sudah mengantongi izin OJK atau belum. Anda juga bisa langsung merujuk ke situs otoritas jasa keuangan untuk mendapatkan informasi yang valid.

Apabila BPR nya sudah dipastikan aman, silakan ajukan sertifikat tanah atau rumah untuk mendapatkan pinjaman.

Berbeda dengan pinjaman agunan BPKB motor yang bisa didanai sampai 70%, sertifikat tanah di BPR umumnya didanai sebanyak 50% saja. Itu pun dikalikan dengan nilai taksasi dari pihak BPR-nya.

Lebih detail, skema kredit yang ditawarkan masing-masing kantor berbeda satu dengan yang lainnya. Untuk itu, kenali dulu produk kredit yang ditawarkan sehingga bisa menemukan yang sesuai dengan kebutuhan.

Di antara keunggulan yang dimiliki oleh BPR dalam menerima pengajuan pinjaman adalah:

  • Prosesnya cepat.
  • Bisa untuk kebutuhan konsumtif dan produktif. Bahkan, bisa untuk memenuhi kebutuhan upacara keagamaan, pernikahan, dan yang lainnya.
  • Adanya fasilitas pembayaran melalui autodebet.
  • Adanya perlindungan asuransi selama masa tenor.
  • Plafonnya bisa sampai miliaran rupiah.
  • Aman dan terpercaya.
  • Jangka waktu kreditnya panjang, sampai 10 tahun.
  • Saat melakukan pelunasan dipercepat (sewaktu-waktu), debitur umumnya tidak dikenakan penalti.
  • Persyaratan mudah.

Agar lebih aman, saat proses pengajuan Anda perlu menanyakan lebih detail mengenai pelunasan dipercepat, biaya-biaya, jangka waktu, dan fasilitas autodebet. Pasalnya, kadang beda BPR beda aturan juga.

2. Jaminan sertifikat tanah di pegadaian

Selain BPR, pegadaian juga menerima pengajuan pinjaman dengan jaminan sertifikat tanah. Menariknya, di sini Anda bisa mengajukan pinjaman dalam bentuk syariah sehingga bisa disesuaikan dengan akad peminjaman uang dalam Islam.

Sangat cocok buat warga negara Indonesia yang mayoritas beragama Islam.

Produk syariah yang ditawarkan dengan agunan sertifikat tanah adalah Rahn Tasjily Tanah. Produk ini dikhususkan buat para pengusaha mikro dan petani dengan plafon yang sangat beragam. Mulai dari 1 juta sampai 200 juta rupiah.

Angsuran yang ditetapkan juga sangat fleksibel dengan akad dan perhitungan secara Islam.

Apabila Anda tertarik untuk mengajukan pinjaman agunan sertifikat tanah di sini, silakan siapkan dokumen persyaratannya. Di antara persyaratan yang perlu disiapkan adalah:

  • KTP atau identitas diri lainnya.
  • Sertifikat tanah yang asli.
  • Slip pembayaran PBB terakhir.
  • Dokumen pendukung lainnya sesuai kondisi masing-masing.

Yang menjadi salah satu kelebihan dari produk ini adalah persyaratannya yang mudah dan proses yang cepat.

Selain itu, tanah yang dapat dijaminkan di sini merupakan tanah produktif. Maksudnya, lahan tersebut digunakan untuk hal-hal yang bisa diputar kembali dalam bentuk jual beli. Misalnya, kandang ternak, ladang yang ada tumbuh-tumbuhannya, sawah yang ada padinya, dan lainnya.

Selain tanah, ada juga gadai sertifikat rumah di pegadaian. Ini bisa menjadi salah satu solusi bila tanah kosong yang Anda miliki ternyata bukan lahan yang produktif.

Namun, perlu diketahui bahwa persyaratan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah ini harus ditambahi dengan IMB atau izin mendirikan bangunan sesuai dengan bangunan yang ada di lahan tersebut.

3. Gadai sertifikat tanah di bank

Selain BPR dan pegadaian, Anda juga bisa menjaminkan SHM dari tanah di perbankan. Untuk persyaratan, biasanya hampir sama dengan penyedia pinjaman lainnya. Namun bedanya, di sini Anda bisa memilih beragam perbankan di Indonesia.

Salah satunya adalah Danamon Simpan Pinjam yang merupakan unit mikro dari Bank Danamon.

Yang menarik dari produk yang ditawarkan di DSP adalah persyaratannya yang mudah, prosesnya cepat, dan keberagaman plafon.

Di DSP, Anda bisa mengajukan pinjaman dari 5 jutaan sampai 200 juta rupiah. Tergantung nilai taksasi yang melekat pada tanahnya dan perhitungan kemampuan bayar angsuran Anda.

Yang perlu diperhatikan, umumnya perbankan mikro seperti ini mensyaratkan adanya usaha dengan tujuan pemakaian dana kreditnya untuk pengembangan bisnis.

Maka dari itu, pinjamannya sangat cocok buat para pelaku UMKM yang kini sedang merintis dan mengembangkan usahanya. Misalnya, penjual bakso, pebisnis online, dan yang lainnya.

Selain DSP, masih banyak perbankan yang bisa menerima jaminan sertifikat tanah. Boleh tanah kosong yang tidak produktif, boleh juga lahan kosong yang produktif. Silakan cari dulu dan lakukan seleksi.

Kami juga menerima pinjaman dengan jaminan SHM tanah di samping BPKB motor dan mobil. Bila butuh dana mendesak, segera hubungi kami.

Baca Juga:

Dapatkan Pinjaman Dana Tunai Saat Anda Membutuhkannya

4. Gadai sertifikat tanah proses cepat di leasing atau multifinance

Perusahaan multifinance selalu dikenal dengan prosesnya yang sangat cepat. Kabar baiknya, beberapa multifinance di Indonesia juga menerima peminjaman uang dengan menggunakan agunan tanah.

Mulai dari lahan kosong, lahan produktif, hingga lahan yang sudah ada bangunannya seperti rumah, ruko atau yang lain.

Apabila Anda berniat menjaminkan sertifikat kepemilikan lahan, maka salah satu perusahaan yang bisa dijadikan pilihan adalah PT BFI Finance.

Untuk mengajukan pinjaman di perusahaan ini, Anda perlu menyiapkan persyaratan seperti KTP, KK, sertifikat, IMB, NPWP, dan yang lainnya.

Peminjam boleh berasal dari kalangan pengusaha, boleh juga karyawan tetap. Yang penting, usahanya harus belajar minimal 2 tahun atau status kepegawaiannya juga sudah berjalan selama 2 tahun.

Tujuan pemakaian dananya sangat fleksibel. Boleh untuk kegiatan produktif misalnya untuk mengembangkan usaha, membeli stok barang buat bisnis, atau yang lain. Boleh juga untuk kegiatan konsumtif seperti biaya pernikahan, biaya pendidikan, atau yang lainnya.

Selain prosesnya yang cepat dan syaratnya yang mudah, bunga yang ditawarkan juga rendah dengan rentang plafon beragam dan tenor panjang.

Di perusahaan ini, Anda pun bisa mengajukan jaminan dari BPKB kendaraan roda dua dan empat untuk mendapatkan pinjaman.

Baca Juga:

Butuh Dana Tunai Cepat? Dapatkan Sekarang Juga

Tips mengajukan pinjaman agunan sertifikat tanah agar disetujui

Tips mengajukan pinjaman agunan sertifikat tanah agar disetujui

Berikut ini beberapa cara agar pengajuannya lancar dan disetujui dengan cepat:

  • Siapkan persyaratannya secara lengkap sesuai dengan lembaga yang dipilih.
  • Hitung plafon yang dibutuhkan dengan cermat.
  • Pastikan angsurannya sesuai dengan kemampuan bayar.
  • Jaga nama Anda di perbankan, leasing, atau lembaga tersebut. Jangan sampai telat bayar karena bisa berdampak dalam jangka panjang.
  • Ketahui detail ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaannya.

Itulah beberapa pilihan lembaga pinjaman agunan sertifikat tanah terbaik yang bisa Anda coba. Silakan ajukan sekarang dan bila kesulitan mendapatkan kredit dana darurat, tim kami siap membantu sewaktu-waktu.

Pinjaman Dana BFI Finance

Pinjaman dana BFI Finance adalah pinjaman multiguna dengan jaminan BPKB Mobil, Motor dan Sertifikat Rumah.


Anda butuh dana cepat untuk kebutuhan pribadi atau usaha dan lainnya? Dapatkan dana tunai cepat di BFI Finance!

Sumber:

Ojk.go.id. https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/data-dan-statistik/Pages/Daftar-Alamat-Kantor-Pusat-BPR.aspx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}