by Putra

Kini, Anda bisa transfer uang lewat Alfamart dengan mudah dan cepat. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir lagi ketinggalan ATM saat hendak kirim uang.

Alfamart menjadi salah satu minimarket yang cabangnya tersebar di seluruh Indonesia, bahkan di area pedesaan. Jaringannya pun kuat sehingga pengiriman dana bisa dilakukan dengan lancar.

Cara Transfer Uang Lewat Alfamart dan Biaya Kirimnya

Pada kesempatan ini, kami akan membahas langkah mudah kirim uang lewat Alfamart.

Cara transfer uang lewat Alfamart yang mudah

Pada dasarnya, pengiriman uang tanpa rekening bisa dilakukan dalam banyak cara. Di antaranya adalah melalui aplikasi transfer uang, Kantor Pos, dan yang lainnya. Alfamart hanya salah satu dari metode tersebut.

Namun, karena lokasi Alfamart lebih mudah ditemukan, maka cara inilah yang jadi solusi buat Anda yang tidak punya aplikasi dan tidak bisa datang ke kantor pos.

Lagi pula, langkah transfer uangnya sangat mudah. Anda tinggal mengikuti cara di bawah ini saja:

Cara transfer uang lewat Alfamart yang mudah

1. Menyiapkan data diri dan nomor aktif

Untuk mengirimkan uang di Alfamart, Anda perlu menyiapkan sejumlah dokumen terlebih dulu sebagai persyaratan. Adapun dokumen atau data yang diperlukan adalah data identitas diri. Untuk itu, silakan bawa kartu identitas diri seperti KTP, SIM, atau Paspor asli sekaligus fotokopinya.

Pilih salah satunya saja dan sediakan dokumennya secara lengkap supaya Anda tidak perlu bolak-balik ke rumah karena syarat yang tak lengkap.

Selain data diri, Anda mungkin juga akan ditanya soal nomor HP yang bisa dihubungi atau masih aktif oleh kasir. Jadi, silakan disiapkan terlebih dulu.

Selain syarat, Anda juga harus pastikan untuk membawa sejumlah uang yang hendak ditransfer. Kalau bisa, bawalah dana lebih untuk jaga-jaga bila ada tambahan biaya atau ingin membeli produk tambahan di minimarket tersebut.

Apabila dananya belum tersedia padahal kebutuhannya mendesak, kami siap memberikan pinjaman dana tunai cepat langsung cair.

Baca Juga:

Dapatkan Pinjaman Dana Tunai Saat Anda Membutuhkannya

2. Mendatangi Alfamart terdekat

Selanjutnya, jika datanya sudah lengkap dan siap, maka silakan datang ke minimarket Alfamart terdekat.

Saat sudah sampai di minimarketnya, Anda bisa langsung menemui kasir dan menyampaikan tujuan kedatangan. Sampaikan bahwa Anda ingin transfer uang lewat Alfamart. Kasir akan langsung mengerti maksudnya dan segera memberikan pengarahan.

Kasir akan memulai proses pengiriman dana dengan mengeluarkan formulir yang harus Anda isi. Biasanya, isi dari formulir ini adalah mengenai data diri penerima juga tentang Anda.

Jadi, silakan isi formulirnya sesuai dengan data yang benar dan lengkap. Teliti sekali lagi agar bisa terhindar dari kesalahan-kesalahan kecil yang mungkin.

Apabila sudah yakin seluruh data yang diisikan benar, silakan langsung berikan formulirnya kepada kasir lagi. Saat memberikan formulir yang sudah terisi, silakan lampirkan persyaratan yang sudah dibawa, yakni data identitas diri.

Petugas akan segera membantu prosesnya lebih jauh, silakan tunggu sebentar.

3. Memberikan jumlah nominal uang yang hendak dikirim

Setelah prosesnya dilakukan oleh kasir, maka mereka akan menanyakan nominal uang yang hendak ditransfer. Selanjutnya, petugas juga akan meminta sejumlah uang sesuai dengan nominal yang mau dikirim. Oleh karena itu, pastikan uangnya sudah siap sebelum berangkat ke minimarket.

Untuk diketahui, pengiriman uang melalui Alfamart bisa dilakukan dengan nominal minimal 10 ribu sampai 5 juta rupiah. Jadi, apabila Anda ingin mengirimkan uang dengan jumlah melebihi batas maksimal, silakan lakukan beberapa kali.

Soal pecahan uang, tidak ada ketentuan khusus yang ditetapkan oleh Alfamart. Asalkan uangnya asli dan bisa digunakan sebagai alat pembayaran, maka boleh digunakan.

Ketika uangnya sudah diterima oleh kasir, maka prosesnya akan langsung dilanjutkan lagi. Petugas akan memroses kirim uang lewat Alfamart ke penerima sesuai dengan data yang Anda berikan. Silakan tunggu sebentar sampai prosesnya selesai.

Sebagai informasi, apabila Anda sedang butuh dana cepat karena ada kebutuhan mendadak, kami siap membantu.

Baca Juga:

Butuh Dana Tunai Cepat? Dapatkan Sekarang Juga

4. Dapatkan kode MTCN

Setelah proses transfer selesai, maka Anda akan segera mendapatkan kode MTCN. Kasir akan memberikannya kepada Anda jadi simpanlah baik-baik.

Kode MTCN ini merupakan kode penerimaan uang yang diberikan kepada pengirim sebagai bukti kepada penerima bahwa transaksinya sudah selesai dilakukan.

Fungsi dari kode MTCN adalah untuk mencairkan dana yang sudah dikirim di cabang Alfamart terdekat sesuai dengan alamat penerima.

Karena ini bisa menjadi bukti legal, maka selaku pengirim Anda harus menyimpannya baik-baik dan tidak boleh dihilangkan sama sekali.

Anda juga dilarang memberikan kode tersebut kepada orang lain, selain penerimanya. Hal demikian dilakukan agar transaksi keuangan bisa berjalan dengan aman dan tidak merugikan bagi ketiga pihak, yakni pengirim, penerima, dan Alfamart selaku pihak ketiga yang mengirimkan dana.

5. Memberikan kode MTCN

Ketika sudah menerima kode MTCN, Anda bisa langsung pulang dan mengirimkan kode MTCN-nya kepada penerima. Anda bisa memanfaatkan whatsapp atau kontak pribadi penerima secara langsung agar lebih aman.

Kode MTCN yang diterima oleh penerima bisa dipakai langsung untuk mengambil uang di Alfamart terdekat. Kode ini memiliki jangka waktu satu bulan sehingga sebaiknya harus dicairkan dengan cepat agar tidak sampai lupa.

6. Bila kode MTCN hilang

Apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya kode MTCN hilang, maka Anda harus segera menghubungi customer service True Money di nomor 0804 1000 100.

Setelah menelepon nomor tersebut, Anda akan dimintai keterangan soal data-data yang berhubungan dengan pengiriman dana. Asalkan bisa menjawab dengan tepat pertanyaan tentang datanya, maka kode MTCN yang hilang kemungkinan bisa diselamatkan.

Biaya kirim uang lewat Alfamart

Sebagaimana diketahui, transfer uang lewat Alfamart dilakukan melalui True Money. Semua transaksi ini memungkinkan Anda mengirimkan uang tunai tanpa perlu mencantumkan nomor rekening. Jadi, meskipun tidak tahu nomor rekening penerima, Anda tetap bisa mengirimkan sejumlah dana.

Biaya kirim uang lewat Alfamart

Namun, perlu diketahui bahwa transaksi pengiriman uang yang Anda lakukan membutuhkan biaya administrasi sebesar 15 sampai 25 ribu rupiah per transaksi. Nominal biaya administrasi ini dibayarkan saat Anda menyerahkan uang yang hendak dikirimkan.

Jadi, pihak penerima nantinya akan menerima uangnya secara utuh. Sebagai contoh, Anda mengirimkan uang senilai satu juta rupiah dengan biaya administrasi sebesar 15 ribu rupiah, maka uang yang harus dibayarkan ke kasir adalah Rp 1.015.000,-.

Nantinya, uang yang akan diterima oleh penerima tetap sebesar satu juta rupiah, utuh.

Sebagai tambahan informasi, selain bisa dikirimkan melalui Alfamart, Anda juga bisa mengirimkan dana melalui Alfamidi. Jadi, sangat fleksibel.

Tutorial kirim uang lewat Alfamart ini sangat bermanfaat khususnya buat Anda yang mau mentransfer uang ke keluarga di rumah secara mendadak tanpa tahu nomor rekeningnya. Asalkan punya data penerima secara lengkap, maka prosesnya bisa dilakukan di gerai Alfamart terdekat.

Demikian informasi tentang cara transfer uang lewat Alfamart di atas, penerima bisa mendapatkan uang tunai secara langsung. Jika Anda tidak punya dana untuk dikirimkan ke keluarga padahal kebutuhannya mendesak, kami siap membantu memberikan pinjaman. Ajukan sekarang melalui situs ini.

Pinjaman Dana BFI Finance

Pinjaman dana BFI Finance adalah pinjaman multiguna dengan jaminan BPKB Mobil, Motor dan Sertifikat Rumah.


Anda butuh dana cepat untuk kebutuhan pribadi atau usaha dan lainnya? Dapatkan dana tunai cepat di BFI Finance!

Sumber:

Trumoney.co.id. https://www.truemoney.co.id/berita/mau-kirim-thr-transfer-uang-di-alfamart-atau-alfamidi-aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}