by Putra

Investasi saham online itu ada ilmunya. Harus mau belajar bila ingin cuan terus mengalir. Jangan sembarangan agar tidak rugi banyak.

Terlebih jika Anda masih investor pemula. Meluangkan banyak waktu untuk belajar adalah cara yang tepat agar sukses mendapatkan passive income.

Cara Investasi Saham Online Biar Cuan Terus Mengalir

Kami akan membantu Anda dengan merangkum triknya dalam artikel ini. Selamat menyimak.

Cara mudah investasi saham online buat pemula

Cara mudah investasi saham online buat pemula

Berikut ini beberapa langkah detail yang perlu dilakukan untuk mulai main saham (stock) secara online:

1. Mengenali seluk beluk saham

Hal pertama yang menjadi dasar pengetahuan Anda adalah saham. Memahami seluk beluknya sangat penting karena bagaimanapun Anda akan terjun di bidang ini.

Saham merupakan surat berharga perusahaan. Ketika berinvestasi di pasar modal berarti Anda membeli stock perusahaan yang tercatat di BEI. Dengan kata lain, Anda juga turut menjadi pemilik perusahaan tersebut.

Artinya, Anda berhak ikut RUPS atau rapat umum pemegang saham secara berkala. Selain itu, Anda juga berhak mendapatkan pembagian keuntungan perusahaan atau dividen.

2. Tentukan broker saham

Setelah pengetahuan dasar mengenai stock diperoleh, maka selanjutnya pilihlah broker atau perantara dalam perusahaan sekuritas terbaik. Pilihlah broker saham terbaik agar lebih aman dan menguntungkan.

Dalam memilih broker terbaik, sebenarnya tidak ada aturan baku. Namun, pilihlah broker yang tercatat di BEI karena sudah memenuhi ketentuan OJK dan biasanya sudah mumpuni secara keuangan.

Jika masih bingung, Anda juga bisa pilih broker yang telah memiliki aplikasi saham online dengan performa yang bagus dan bisa diandalkan.

3. Buka rekening saham

Berikutnya, silakan buka rekening saham. Hal ini dilakukan supaya Anda bisa melakukan transaksi jual beli saham di aplikasinya.

Jika Anda memilih broker yang bagus, maka biasanya mereka juga akan menyediakan fasilitas pembukaan rekening secara online dengan cara mengisi formulir dan memberikan sejumlah informasi tertentu. Misalnya nama lengkap, email, nomor HP aktif, dan data diri lainnya.

4. Buka RDN atau rekening dana nasabah

Fungsi dari rekening dana nasabah adalah untuk menampung dana dari transaksi jual beli sahamnya. Artinya, Anda menyetorkan modal untuk investasinya dan mendapatkan hasilnya melalui RDN ini.

Dengan kata lain, meski sudah membuka rekening saham, bila Anda belum membuat RDN, maka investasi saham online tidak bisa berjalan sebab transaksinya tidak bisa dilakukan.

Perusahaan sekuritas biasanya akan menyediakan fasilitas pembukaan RDN secara online sehingga Anda bisa membuatnya dengan mudah tanpa harus datang ke bank.

Dokumen yang diperlukan biasanya tergantung pada ketentuan perusahaannya. Namun yang pasti, KTP adalah syarat mutlak yang harus dilampirkan.

Kami juga demikian. Dalam persyaratan pengajuan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil dan motor, KTP menjadi syarat utama yang harus dilengkapi nasabah.

Baca Juga:

Dapatkan Pinjaman Dana Tunai Saat Anda Membutuhkannya

5. Menyetorkan modal

Ketika RDN-nya sudah jadi, maka Anda bisa langsung menyetorkan modal ke rekening tersebut. Jumlah modal yang dimasukkan sesuai dengan transaksi investasi saham online yang akan dilakukan.

Yang perlu diperhatikan, penyetoran modal harus dilakukan terlebih dulu sebelum memulai transaksi perdagangan sahamnya.

Apabila transaksi pertama dilakukan dengan sukses, maka silakan lakukan pembayaran kewajiban 2 hari setelah transaksinya.

6. Memulai transaksi beli saham

Begitu modalnya disetorkan ke RDN dan statusnya efektif, maka silakan lakukan pembelian stock. Beberapa contoh stock yang dapat diamati adalah Antam, BCA, BRI, Unilever, hingga Telkomsel. Tapi sebelum itu, silakan pahami cara beli saham.

Berikut ini tips dan triknya:

  • Silakan tentukan stock yang mau dipilih, ingat kodenya agar lebih mudah.
  • Saat melakukan order, biasanya Anda akan diminta untuk menentukan harga sahamnya. Sebagai bantuan, di aplikasinya akan ada informasi harga bid (penawaran) dan offer (penjualan).
  • Jika ingin langsung efektif, silakan tentukan harga sesuai dengan harga offer Dengan begitu, Anda akan langsung mendapatkan stock yang sudah terpilih tersebut.
  • Apabila Anda memilih harga di bawah harga offer terendah, maka sebenarnya juga tidak ada masalah. Hanya saja, Anda akan antre dulu sampai penjualnya mau menurunkan harga sesuai dengan harga yang Anda pasang.
  • Intinya, pemasangan order ini mengikuti prioritas harga dan waktu.

Ketika transaksi pembelian sudah selesai, investor bisa langsung mengecek portofolio kepemilikan sahamnya. Isinya adalah harga rata-rata, jumlah lembar sahamnya, dan nilai investasi saham online.

7. Melakukan transaksi penjualan saham online

Setelah tahu cara membelinya, Anda juga harus tahu bagaimana cara menjualnya. Berikut ini langkah penjualan yang bisa dilakukan via aplikasi:

  • Pilih stock yang mau dijual, tentukan harga dan lembar sahamnya.
  • Harga stock yang Anda tentukan berpengaruh kepada seberapa cepat transaksi dilakukan. Jika memang ingin segera terjual, silakan pasang di angka harga beli tertinggi di pasar tersebut.

Sebaliknya, kalau waktu tidak jadi masalah dan ingin fokus pada laba saja, maka Anda bisa pasang harga jual yang lebih tinggi.

8. Melakukan perubahan order saham online

Beberapa jenis aplikasi saham online memiliki fitur perubahan (amend) mengenai harga jual atau beli dari sahamnya.

Maka dari itu, jika posisi yang Anda bidik tidak tereksekusi dengan baik, silakan lakukan perubahan memakai fitur ini. Silakan sesuaikan dengan kondisi pasar saat itu.

Apabila butuh dana mendesak, silakan hubungi kami.

Baca Juga:

Butuh Dana Tunai Cepat? Dapatkan Sekarang Juga

9. Proses settlement transaksi

Transaksi saham berbeda dengan jual-beli pada umumnya. Bila dalam jual beli biasa pembayaran harus selesai saat transaksi dilakukan, di bursa saham tidak demikian.

Penyelesaian transaksi yang ada di bursa saham biasanya dilakukan setelah dua hari perdagangan sahamnya dilakukan atau sering disebut T + 2.

Bukti transaksinya berupa trade confirmation yang akan dikirimkan oleh broker setiap kali transaksinya diselesaikan oleh investor.

Trade confirmation ini berisi tanggal transaksinya, kewajiban untuk membayar sejumlah saham yang dibeli, total pembelian saham, dan denda menurut kebijakan broker bila pembayaran transaksinya tidak diselesaikan.

10. Fee transaksi saham

Setiap kali bertransaksi baik secara online maupun offline, maka investor harus membayarkan fee kepada broker dengan rincian biaya sebagai berikut:

  • Komisi broker yang nilainya tergantung dari perusahaan sekuritasnya.
  • Biaya transaksi, nilainya total 0,04 % dari keseluruhan nilai transaksi.
  • PPn, persentase tarif dasarnya adalah 0,03% dari jumlah transaksi sahamnya.
  • PPh, besarnya 0,1% dari nilai bruto transaksinya.

Intinya, sebagai investor Anda harus menghitung biaya-biaya di atas secara rinci untuk tahu pendapatan bersih.

11. Melakukan analisa

Untuk menganalisis, Anda harus bisa membaca laporan keuangan dengan baik. Dengan cara ini, Anda bisa menentukan apakah harga suatu saham masih murah sehingga perlu dibeli atau sudah mahal sehingga harus menunggu waktu yang tepat untuk membeli.

Menariknya, kini banyak broker yang menyediakan laporan keuangan yang lengkap dengan perhitungan rasio keuangannya. Analisis bisa dilakukan dengan cepat karena datanya sudah terkumpul.

12. Gunakan fitur filter saham

Saking banyaknya stock yang ada di bursa, maka akan sulit untuk mengingatnya satu per satu. Solusinya, gunakanlah stock screener untuk filter saham-saham terpilih sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

13. Lakukan diversifikasi

Kunci sukses dari investasi saham online adalah bisa melakukan diversifikasi secara tepat. Maksudnya, Anda sebaiknya tidak menempatkan modal di satu atau dua saham, tapi dibagi-bagi ke dalam beberapa pos untuk membagi risikonya.

14. Sentimen mungkin penting, tapi bukan segalanya

Memahami sentimen pasar memang penting untuk menghasilkan cuan lewat saham. Namun, jangan sampai sentimen ini mempengaruhi Anda sehingga mudah terbawa arus dan ikut-ikutan.

15. Gunakan pengalaman sebagai pembelajaran terbaik

Sebagai pemula, belajar tidak hanya bisa didapatkan dari teori saja. Kesalahan-kesalahan kecil yang pernah dilakukan harus menjadi pengalaman berharga sehingga bisa jadi lebih baik.

16. Untuk pantau harga saham secara detail, cek aplikasi, perusahaan sekuritas, hingga website

Melakukan pemantauan harga menjadi salah satu aktivitas penting bagi semua investor. Sebagai rujukan, Anda bisa cek di aplikasi, perusahaan sekuritas, hingga situsnya.

Untuk pantau harga saham secara detail, cek aplikasi, perusahaan sekuritas, hingga website

Contoh aplikasinya adalah IPOT, HOTS, MNC Trade New, dll. Contoh website-nya adalah RTI, IDX.co.id, dll.

Terakhir, jika Anda membutuhkan dana untuk mulai belajar investasi saham online, kami siap memberikan bantuan. Hubungi tim kami melalui situs ini.

Pinjaman Dana BFI Finance

Pinjaman dana BFI Finance adalah pinjaman multiguna dengan jaminan BPKB Mobil, Motor dan Sertifikat Rumah.


Anda butuh dana cepat untuk kebutuhan pribadi atau usaha dan lainnya? Dapatkan dana tunai cepat di BFI Finance!

Sumber:

https://www.republika.co.id/berita/qqw3er5416000/investasi-saham-online-pakai-5-cara-ini-biar-cuan-terus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}