by Putra

Pinjaman UMKM sangatlah penting untuk mengembangkan bisnis dan usaha kecil yang sedang berjalan.

Proses mengembangkan UMKM ini memang tidak mudah dan harus dijalani dengan tekun agar berkembang pesat. Oleh karena itu, beberapa hal yang perlu Anda pikirkan sebelum mengajukan pinjaman UMKM untuk tambahan modal usaha UMKM Anda. 

pinjaman umkm

Pinjaman Dana BFI Finance

Pinjaman dana BFI Finance adalah pinjaman multiguna dengan jaminan BPKB Mobil, Motor dan Sertifikat Rumah.


Anda butuh dana cepat untuk kebutuhan pribadi atau usaha dan lainnya? Dapatkan dana tunai cepat di BFI Finance!

Berikut ini beberapa hal tersebut. 

Menentukan Jenis Pinjaman UMKM 

Sebelum meminjam dana modal usaha, hendaknya Anda mengetahui beberapa jenis pinjaman untuk UMKM yang disediakan.

Pinjaman ini biasanya terdiri dari dua jenis yaitu kredit modal kerja dan juga kredit investasi. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing yang dibutuhkan oleh pelaku UMKM.

Kredit Modal Kerja ini biasanya ditawarkan untuk meningkatkan dan memberikan modal. Bahkan kredit ini bisa dimanfaatkan sebagai modal awal bagi Anda yang ingin memulai usaha dan bisnis kecil atau UMKM.

Biasanya pihak pemberi modal akan memberikan jangka waktu satu tahun untuk pelunasan pinjaman ini.  

Sedangkan untuk Kredit Investasi adalah suatu pinjaman UMKM yang ditawarkan kepada peminjam yang sudah mempunyai modal cukup. Akan tetapi, jumlah modal yang dimiliki masih kurang untuk mengembangkan usahanya sehingga membutuhkan suntikan modal lagi.

Pinjaman ini biasanya akan diberikan oleh pihak kreditur hingga jangka waktu selama lima tahun. Anda bisa memilih salah satu pilihan jenis pinjaman yang digunakan untuk mengembangkan UMKM Anda.  

Terdengar memusingkan? Ya, itu hal yang perlu Anda pikirkan. Jika Anda tidak mau pusing dengan hal-hal diatas, maka Anda cukup mengajukan saja pinjaman dana di BFI Finance dengan menjaminkan BPKB kendaraan Anda, misalnya BPKB mobil Anda.

Pinjaman BFI Finance merupakan pinjaman multiguna sehingga Anda bebas menggunakan dananya tergantung keperluan Anda, yang penting adalah Anda mau BPKB kendaraan Anda digunakan sebagai jaminan pinjaman Anda. 

Dapatkan Dana Tunai Cepat Dan Mudah Berjaminan BPKB Mobil atau Motor

Cicilan Rendah

Dapatkan pinjaman dana dengan cicilan termurah di Indonesia

Tanpa Survey

Cairkan dana Anda tanpa perlu lewati proses survey untuk kendaraan

Proses Cepat

Dana bisa cair diseluruh Indonesia hanya dalam waktu sehari saja

Mengajukan Pinjaman UMKM Dengan Atau Tanpa Agunan  

pinjaman umkm

Baik pinjaman dengan agunan maupun pinjaman tanpa menggunakan agunan mempunyai kelebihan juga kekurangan masing-masing sehingga Anda bisa mempertimbangkannya sesuai kebutuhan. Anda bisa mengamati kedua hal tersebut sebelum memilih jenis pinjaman terbaik untuk modal usaha.

Baik pinjaman dengan agunan maupun pinjaman tanpa menggunakan agunan mempunyai kelebihan juga kekurangan masing-masing sehingga Anda bisa mempertimbangkannya sesuai kebutuhan. Anda bisa mengamati kedua hal tersebut sebelum memilih jenis pinjaman terbaik untuk modal usaha.  

Pinjaman dengan agunan biasanya mempunyai kelebihan cukup signifikan dibandingkan dengan pinjaman tanpa agunan. Pinjaman ini menawarkan bunga yang lebih rendah, jumlah pinjaman dana yang besar, dan jangka waktu yang panjang sesuai dengan besaran estimasi kredit dengan agunan tersebut.  

Sementara itu, pinjaman tanpa agunan pastinya mempunyai kelebihan tersendiri. Pinjaman ini lebih mudah diproses dengan pencairan yang relatif cepat sehingga Anda tak perlu ribet saat melakukan pencairan. Tetapi, dibalik itu ada kekurangannya, biasanya pihak kreditur akan memberikan bunga tinggi dan jangka waktu pelunasan yang jauh lebih pendek. Jadi, Anda harus siap jika uang Anda terkuras lebih cepat untuk pembayaran angsuran kredit ini .  

Perlu diingat juga, sewaktu Anda mendapatkan pinjaman tanpa agunan, yang sebenarnya diagunkan adalah diri Anda sendiri. Sehingga jika kelak ada permasalahan atau tunggakkan dalam cicilan Anda, maka diri Anda yang bertanggung jawab penuh, artinya siap dibawa keranah hukum. 

Sedangkan dengan pinjaman beragunan, saat ada kendala cicilan, yang di tarik adalah apa yang Anda jaminkan, bukan diri Anda, sehingga Anda bebas dari berususan dengan hukum. 

Itu sebabnya, dengan mempertimbangkan hal yang terbaik utk nasabah dan Kami sendiri sebagai instansi keuangan, Kami menerapkan pinjaman dengan adanya agunan atau jaminan. Aman untuk Anda dan juga kami. 

Dapatkan Dana Tunai Cepat Dan Mudah Berjaminan BPKB Mobil atau Motor

Cicilan Rendah

Dapatkan pinjaman dana dengan cicilan termurah di Indonesia

Tanpa Survey

Cairkan dana Anda tanpa perlu lewati proses survey untuk kendaraan

Proses Cepat

Dana bisa cair diseluruh Indonesia hanya dalam waktu sehari saja

Mempersiapkan Syarat dan Dokumen Untuk Mengajukan Pinjaman UMKM

Tak hanya kedua hal diatas saja yang harus diperhatikan, Anda juga harus memperhatikan persyaratan dan dokumen apa saja yang dibutuhkan saat mengajukan pinjaman UMKM.  

Jika Anda ingin mendapatkan dana di BFI Finance, Anda harus sudah mempersiapkan beberapa syarat dan dokumen yang dibutuhkan. Secara umum ada enam jenis dokumen mutlak yang dibutuhkan saat mengajukan pinjaman usaha ini selain BPKB kendaraan Anda. 

Keenam hal tersebut adalah kartu tanda penduduk, kartu keluarga, NPWP, rekening koran, dan kelengkapan usaha. Bila Anda bekerja sebagai seorang pegawai atau karyawan, biasanya Anda harus menyertakan slip gaji juga.

Persyaratan tersebut biasanya dibutuhkan untuk usaha kecil dan menengah yang sudah cukup bertaji dengan transaksi yang lumayan sehingga pihak kreditur akan lebih percaya untuk memberikan pinjaman dalam jumlah besar.  

Memahami Konsep 5C dalam Pinjaman UMKM

Sebelum melakukan pinjaman UMKM di BFI Finance, Anda harus memahami beberapa hal. Salah satunya adalah konsep 5C. Konsep 5C ini adalah CapacityCharacterCollateral, Capital dan Condition yang mana sangat lazim dalam dunia usaha. Kelima unsur tersebut akan menjadi pertimbangan utama pihak kredit untuk menyatakan bahwa usaha Anda layak mendapatkan suntikan usaha atau tidak.  

Capacity merupakan kemampuan finansial usaha Anda untuk membayar pengembalian dana pinjaman UMKM tersebut. Hal ini dapat dilihat dari pengelolaan keuangan dalam usaha Anda.

Sementara itu untuk collateral, hal ini terkait dengan jumlah aset yang Anda miliki yang biasanya akan digunakan sebagai agunan pinjaman. 

Character adalah aspek ketiga yang dilakukan dengan cara melihat kepribadian Anda dengan melihat kehidupan sehari-hari. 

Condition merupakan faktor yang terkait dengan kondisi dan juga situasi pasar. Apakah pasar tersebut mempengaruhi usaha Anda atau tidak.

Capital adalah nilai bersih dalam usaha yang Anda geluti. 

Kedengaran ribet? Kabar baiknya, Anda tidak perlu masalahkan itu. Asalkan Anda ada BPKB kendaraan dan beberapa persyaratan dasar, ini sudah cukup bagi Anda untuk mendapatkan pinjaman UMKM tanpa ribet di BFI Finance. 

Mengajukan Pinjaman Sesuai Nilai Jaminan Anda

Sebelum Anda mencoba mengajukan pinjaman usaha, Anda harus punya perkiraan nilai jaminan Anda. Ini berarti Anda harus kurang lebih mengetahui harga pasaran dari kendaraan Anda. Ini bertujuan untuk memperkirakan jumlah nominal pinjaman UMKM yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis dan juga usaha Anda.

Tapi Anda tak perlu bingung. Dengan mengisi form simulasi kami, Anda bisa langsung mendapatkan informasi tentang maksimal pinjaman yang bisa Anda dapatkan dari kami. Ya, Anda bisa mencoba menghitung jumlah pinjaman dan tenor sesuai dengan type kendaraan Anda terlebih dulu dengan isi form ini. 

Untuk mendukung perkembangan UMKM, BFI Finance menawarkan dan memberikan kesempatan yang sama pada pebisnis usaha kecil dan menengah untuk mendapatkan modal usaha melalui jenis pinjaman yang diberikan.

Besaran maksimal pinjamannya adalah berdasarkan nilai jaminannya. Ada pinjaman usaha yang membutuhkan puluhan juta rupiah ataupun ratusan juta rupiah tergantung kebutuhan pelaku usaha. Anda bisa mengembangkan usaha Anda dengan pinjaman UMKM yang tepat dengan menjaminkan BPKB kendaraan Anda di BFI Finance. 

BFI Finance

Dapatkan Pinjaman Cepat Dalam Sehari

Rp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}