by Putra

Biar tidak salah jalan, Anda harus tahu cara investasi emas yang benar. Dengan begitu, langkah yang diambil untuk menabung dengan cara ini juga tepat sasaran.

Cara Investasi Emas Berharap Untung Banyak

Emas memang menjadi salah satu instrumen investasi yang cukup direkomendasikan. Selain karena menguntungkan, instrumen ini juga tergolong mudah didapatkan dan investasinya mudah dilakukan, termasuk oleh pemula.

Agar berhasil, Anda bisa menyimak tips yang akan kami berikan di bawah ini.

Panduan dan cara investasi emas yang mudah dan menguntungkan

Panduan dan cara investasi emas yang mudah dan menguntungkan

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan pendapatan saat berinvestasi emas:

Tentukan tujuan dan buat perencanaan

Hal utama yang perlu dipastikan adalah tujuan investasinya. Menetapkan tujuan dengan benar akan membantu Anda untuk memantapkan target dengan tepat. Tujuan yang dilandasi dengan target yang kuat seperti ini akan membantu dalam membuat perencanaan ke depan.

Selain itu, saat ada masalah di tengah jalan dan merasa ingin berhenti berinvestasi, tujuan yang kuat akan membantu Anda tetap berada di track sehingga tidak lupa diri.

Sebagai contoh, dalam 7 tahun ke depan Anda ingin membeli rumah. Untuk itu, dari sekarang setiap bulan Anda menyimpan emas seberat 2 gram (sekitar 1,8 jutaan) sampai masa tersebut datang.

Dengan tujuan tersebut, Anda bisa disiplin menabung setiap bulan karena fokusnya buat masa depan.

Perhatikan kemampuan finansial

Agar bisa disiplin menabung, wajib dilakukan perhitungan secara cermat. Berapakah dana yang bisa ditabung dalam bentuk emas setiap bulannya berdasarkan penghasilan bulanan.

Jangan sampai nominal tabungan yang ditentukan mengganggu kebutuhan pokok. Saran kami, baiknya hitung dengan seksama uang yang bisa Anda simpan per bulan. Selain itu, sebelum memulai investasinya, siapkan dulu dana darurat sebanyak 6-12 bulan pengeluaran rutin.

Misalnya, gajinya adalah 5 juta dengan pengeluaran bulanan 3 juta. Maka sisa uang yang bisa ditabung adalah 2 juta. Namun, sebelum mulai cara investasi emas, baiknya kumpulkan dulu uang minimal 12 juta sebagai dana darurat.

Nah, bila saat ini Anda butuh dana darurat dan mendesak tapi tidak ada uang sama sekali, silakan ajukan pinjaman kepada kami.

Baca Juga:

Dapatkan Pinjaman Dana Tunai Saat Anda Membutuhkannya

Amati waktu tepat untuk berinvestasi

Hampir sama dengan belajar saham, waktu tepat pembelian emas juga saat harganya sedang turun. Maka dari itu, amatilah harga pasar emasnya sehingga bisa tahu kapan harus membelinya.

Memilih jenis emas yang sesuai

Sebagaimana diketahui, emas bisa diwujudkan dalam bentuk batangan (logam mulia), bisa juga dalam bentuk perhiasan.

Panduan dan cara investasi emas yang mudah dan menguntungkan - Memilih jenis emas yang sesuai

Kedua jenis ini memiliki kelebihan masing-masing apabila dijadikan instrumen investasi. Saran kami, jika niat investasinya dalam jangka panjang, emas dalam bentuk batangan atau logam mulia adalah pilihan yang paling tepat.

Alasannya, harga jual produk ini cenderung lebih tinggi dan stabil. Dibandingkan perhiasan yang pasti mengalami pemotongan harga saat dijual.

Menyimpan emas dengan aman

Setelah membeli emas, Anda harus segera menyimpannya di tempat yang aman. Kecerobohan dalam penyimpanan bisa mengakibatkan kerugian dalam jumlah besar.

Betapa tidak, satu keping emasnya saja sudah bernilai jutaan rupiah. Kehilangan satu keping, berarti kehilangan uang dalam jumlah yang lumayan besar. Apalagi jika yang hilang cukup banyak jumlahnya.

Sebagai solusi, Anda bisa coba beli brankas untuk penyimpanan pribadi di rumah. Selain itu, Anda juga bisa gunakan layanan safe deposit box atau SDB yang biasanya disediakan oleh bank. Pilihan lainnya adalah menyimpannya di brankas PT Antam.

Pantau harga emas secara berkala

Sebagaimana disampaikan di atas, untuk menjalankan investasi ini Anda harus terus memantau harga emas. Hal ini dilakukan agar tahu kapan harganya naik, kapan harganya turun.

Beli emasnya di tempat yang terpercaya

Ada banyak tempat yang bisa dipilih untuk membeli emas batangan. Apalagi sekarang, ada juga yang menjualnya secara perorangan.

Saran kami, pastikan Anda memilih tempat yang aman dan terpercaya. Bukan untuk berburuk sangka pada perorangan. Tapi jaga-jaga saja sekaligus menghindari terjadinya penipuan emas palsu yang marak terjadi di Indonesia.

Pilihlah tempat yang melakukan penjualan secara resmi lengkap dengan surat dan sertifikatnya. Contohnya adalah PT Antam (boleh langsung ke kantor penjualannya atau situs marketplace yang menjualnya secara resmi). Selain itu, Anda juga bisa buka rekening tabungan emas di PT Pegadaian.

Dua tempat itu merupakan BUMN sehingga tingkat kepercayaannya bisa dipastikan.

Lakukan teknik emas klasik

Apabila masih baru belajar, Anda dapat mencoba cara investasi emas klasik. Yakni dengan membeli di saat harga turun dan menjualnya saat harga naik untuk mendapatkan laba.

Namun, jika saat Anda butuh uang harga emasnya rendah hingga mengakibatkan kerugian, Anda bisa coba cara alternatif. Yaitu dengan menunggu harga emasnya naik baru dijual. Sementara itu, kebutuhan dana saat ini bisa ditutup dengan meminjam dana dulu kepada kami.

Baca Juga:

Butuh Dana Tunai Cepat? Dapatkan Sekarang Juga

Membuat tabungan emas

Agar cara investasi emas ini berhasil, Anda harus punya tekat untuk menabung bulanan. Maksudnya, pastikan bahwa setiap bulan, Anda bisa menabung emas batangan dengan berat yang disesuaikan. Kemudian disiplin menjalankannya.

Dengan begitu, investasinya juga bisa lebih bertahan dalam jangka waktu lama. Selain itu, hasil investasinya juga bisa lebih stabil dan dapat dipakai untuk membeli kebutuhan jangka panjang seperti haji, umroh, beli mobil, atau yang lainnya.

Investasi emas buat modal usaha

Sambil berinvestasi bulanan, Anda juga bisa coba mengembangkan emasnya untuk hal lain, salah satunya adalah membuka usaha.

Caranya mudah, cukup gadaikan emas yang sudah terkumpul untuk mendapatkan modal usaha. Sambil mengembangkan usaha, Anda bisa terus berinvestasi bulanan.

Namun, perlu diketahui bahwa ada risiko yang mungkin terjadi bila cara ini diambil. Salah satunya adalah risiko bangkrutnya usaha dan ketidakmampuan bayar ke pegadaian. Bila terjadi, nilai emasnya tidak hanya akan turun, tapi juga bisa hilang sepenuhnya.

Untuk itu, Anda harus menjalankan bisnis tersebut dengan serius supaya bisa menghasilkan. Selain itu, pendapatan minimal bulanan juga harus dipastikan sesuai dengan saat Anda masih awal-awal berinvestasi emas.

Jadi, sumber pendapatan bulanan Anda bertambah. Pertama dari investasi emasnya, kedua dari bisnis.

Pertimbangkan layanan investasi emas online

Ini adalah solusi buat Anda yang khawatir dengan penyimpanan emas di rumah atau di tempat lainnya. Dengan berinvestasi secara online, Anda bisa mengambil fisik emasnya saat dibutuhkan saja.

Kini, ada banyak pilihan layanan investasi emas secara online yang bisa Anda pilih. Silakan browsing dan temukan yang terbaik untuk dicoba.

Fokus pada masa depan

Agar semua langkah di atas dapat berhasil sepenuhnya, Anda harus kembali ke tujuan utama investasi, yaitu untuk masa depan.

Dengan terus fokus ke masa depan, akan lebih mudah untuk mempertahankan minat berinvestasi dan mengencangkan semangat saat mulai mengendur.

Itulah beberapa cara investasi emas yang dapat dicoba dan ditekuni. Sekarang, selamat mencobanya. Apabila Anda butuh bantuan dana atau pinjaman, jangan ragu untuk mengisi form pengajuan pinjaman kepada kami.

Pinjaman Dana BFI Finance

Pinjaman dana BFI Finance adalah pinjaman multiguna dengan jaminan BPKB Mobil, Motor dan Sertifikat Rumah.


Anda butuh dana cepat untuk kebutuhan pribadi atau usaha dan lainnya? Dapatkan dana tunai cepat di BFI Finance!

Sumber:

Logammulia.com. https://www.logammulia.com/id/harga-emas-hari-ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}