Apa Itu Surat Paklaring? Pengertian, Fungsi, Syarat Pembuatan


Paklaring itu penting! Uruslah dulu saat berhenti dari satu perusahaan agar jalan Anda untuk menemukan pekerjaan baru jadi lebih mudah.

Selain fungsi tersebut, dokumen ini juga memiliki fungsi lain yang sangat sayang buat dilewatkan.

Apa Itu Surat Paklaring, Pengertian, Fungsi, Syarat Pembuatan

Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari hanya karena lupa mengurusnya saat melakukan pengunduran diri di perusahaan tempat Anda bekerja.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang dokumen ini secara detail. Selamat menyimak.

Paklaring adalah

Sebagian orang mungkin sudah tahu dan sering mendengar apa itu paklaring. Namun, ada pula yang masih awam dengan istilah ini dan tidak tahu apa artinya.

Untuk diketahui, paklaring adalah semacam dokumen yang bisa menunjukkan pengalaman seseorang dan menyatakan bahwa orang tersebut pernah bekerja di suatu perusahaan dengan posisi tertentu.

Dalam surat ini, orang dapat melihat beragam informasi mengenai histori ringkas pekerjaan dari seorang karyawan di perusahaan tertentu. Adapun informasi yang dicantumkan di antaranya adalah:

  • Nama pekerjanya.
  • Nama pemimpin perusahaannya.
  • Posisi atau jabatan terakhir saat bekerja.
  • Tanggal mulai dan akhir bekerjanya.
  • Pencapaian-pencapaian atau sikap selama bekerja.

Semuanya tersaji secara ringkas dan diungkapkan dalam satu lembar surat yang ditandatangani oleh pemimpin terakhir saat bekerja.

Dengan kata lain, dokumen ini menyerupai surat keterangan kerja atau surat pernah bekerja. Hanya saja memang ada detail pencapaiannya yang bisa menjadi salah satu kekuatan saat digunakan untuk melamar pekerjaan baru.

Apa paklaring itu penting?

Sudah disebutkan di atas bahwa dokumen ini sangat penting. Betapa tidak, surat ini bisa menjadi salah satu bukti hitam di atas putih bahwa seseorang punya pengalaman kerja dengan pencapaian tertentu.

Dokumen semacam ini amat sangat diperlukan oleh perusahaan lain yang sedang ingin merekrut karyawan dengan kualifikasi tertentu. Saat dilampirkan di surat lamaran kerja, maka perusahaan yang dilamar bisa melihat secara sekilas bagaimana kinerja pelamar tersebut secara sekilas.

Agar lebih memahami bagaimana pentingnya dokumen ini, silakan simak ulasan fungsi paklaring di bawah ini.

Fungsi atau manfaat paklaring

Fungsi atau manfaat paklaring

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari dokumen atau surat ini:

1. Melamar pekerjaan

Sebagaimana disampaikan di atas, dokumen ini sangat penting kaitannya dengan dunia kerja. Saat melamar pekerjaan, paklaring-lah yang akan menjadi bukti bahwa Anda sudah punya pengalaman bekerja.

Surat ini juga memberikan keterangan bagaimana kinerja Anda selama berada di perusahaan sebelumnya.

Dengan melampirkan dokumen ini, lamaran pekerjaan akan menjadi lebih kuat. Tim HRD perusahaan baru juga akan memberikan nilai lebih terhadap lamaran yang Anda sampaikan.

2. Mencairkan dana BPJS ketenagakerjaan

Setiap karyawan biasanya terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan. Nah, paklaring merupakan dokumen yang bisa dipakai untuk mencairkan dana JHT atau jaminan hari tua buat kebutuhan finansial. Untuk mencairkan dana ini, Anda perlu melakukan legalisasi dokumen paklaring yang dilampirkan.

Jika Anda butuh dana cepat atau dadakan atau lama menunggu pencairan dana JHT, maka silakan ajukan pinjaman kepada kami. Persyaratannya mudah, prosesnya cepat, dan langsung cair.

Baca Juga:

Dapatkan Pinjaman Dana Tunai Saat Anda Membutuhkannya

3. Pengajuan beasiswa profesional

Surat paklaring juga berfungsi untuk mengajukan beasiswa dari jalur para profesional. Biasanya, beasiswa ini berlaku untuk pengambilan gelar master (S2) hingga doktor (S3).

Pemberi beasiswanya bisa jadi dari pemerintah maupun swasta. Yang jelas, jika Anda memiliki dokumen ini, maka posisi Anda sudah cukup kuat untuk menyatakan bahwa Anda adalah seorang karyawan atau profesional yang bekerja untuk perusahaan tertentu.

Selain surat paklaring, dokumen lain yang tak kalah penting adalah surat rekomendasi dari pimpinan. Biasanya, surat ini berisi bahwa pimpinan mengizinkan karyawannya untuk menempuh studi lagi.

4. Mengajukan kartu kredit

Sebagaimana disebutkan dalam pengertian paklaring, dokumen ini menyerupai surat keterangan kerja. Bedanya, hanya di detail informasi yang ada di dalamnya saja.

Nah, ketika seorang karyawan mengajukan kartu kredit, syarat umum yang perlu dilampirkan adalah surat keterangan kerja. Surat ini menjadi bukti bahwa seseorang benar-benar bekerja di perusahaan tertentu.

Dengan bukti bahwa seseorang bekerja, maka kans pengajuannya disetujui juga semakin besar.

5. Mengajukan pinjaman di bank

Selain kartu kredit, pengajuan pinjaman di bank umumnya juga membutuhkan lampiran paklaring. Khususnya jika yang mengajukan adalah pegawai atau karyawan dengan plafon pinjaman yang cenderung besar sampai ratusan juta rupiah.

Apabila Anda tidak ingin melampirkan surat ini tapi membutuhkan plafon maksimal, pengajuan pinjaman bisa dilakukan di perusahaan multifinance, salah satunya kami.

Baca Juga:

Butuh Dana Tunai Cepat? Dapatkan Sekarang Juga

6. Sebagai bukti pernah bekerja

Selain manfaat di atas, hal terpenting dari surat ini adalah menyatakan bahwa Anda pernah bekerja di suatu perusahaan. Artinya, Anda adalah pribadi yang sudah pernah mengenyam studi dan terjun ke dunia pekerjaan dengan pengalaman yang banyak sehingga nilai diri Anda meningkat.

Syarat pembuatan paklaring

Syarat pembuatan paklaring

Mengingat betapa pentingnya dokumen ini, maka dari sekarang Anda harus menyiapkan diri untuk membuat surat ini. Minimal tahu syarat pembuatannya agar tidak menyesal di kemudian hari.

Berikut ini adalah beberapa syarat pembuatan dokumen yang mirip surat keterangan kerja ini:

1. Minimal kerja satu tahun

Setiap pekerjaan punya masa kerjanya sendiri. Apabila Anda sering berpindah kantor karena tidak betah, ini juga akan memiliki penilaian tersendiri dari para HRD.

Agar lebih aman, baiknya jaga masa kerja Anda minimal 1 tahun di perusahaan. Setelah bekerja minimal setahun, karyawan juga lebih mudah mendapatkan surat keterangan kerja dibanding yang baru bekerja beberapa bulan saja.

2. Jaga performa atau KPI selama bekerja

Selama bekerja, Anda harus menjaga performa dan KPI (key performance indicator). Hal ini karena salah satu isi dari paklaring adalah ringkasan performa Anda selama bekerja di perusahaan tersebut.

3. Ajukan surat pengunduran diri secara baik-baik

Jadilah karyawan yang baik. Masuk ke perusahaan dengan kontrak yang jelas, maka surat pengunduran diri juga harus diberikan secara baik-baik.

Jangan sampai Anda tiba-tiba menghilang. Sebaliknya, berpamitanlah kepada pemimpin dan tim kerja lainnya sebelum keluar. Ini akan meninggalkan kesan yang positif.

4. Penuhi kewajiban sebelum resign

Sebelum resign atau keluar dari pekerjaan, penuhilah kewajiban-kewajiban Anda pada perusahaan tersebut. Apabila ada kunci, dokumen, atau apa saja yang harus dikembalikan, maka kembalikanlah.

5. Jalin hubungan yang baik dengan teman kerja lainnya

Pada saat hendak melamar pekerjaan ke perusahaan lain, biasanya seseorang diharuskan mengisi nomor HP rekan kerja sebelumnya sebagai referensi.

Jika selama Anda bekerja tidak ada sikap baik yang ditunjukkan atau kerja samanya kurang bagus, maka akan sulit mendapatkan referensi dari teman. Jadilah pribadi yang baik, agar pencapaian yang tertulis di paklaring bisa terbukti kebenarannya secara positif.

Cara membuat paklaring sendiri

Sebelum membuat surat ini, lengkapilah dokumen dan hal-hal di atas. Mintalah surat paklaring secara baik-baik kepada pimpinan terakhir Anda. Pastikan bahwa suratnya sudah dilengkapi kop surat perusahaan dengan isi dokumen lengkap.

Selanjutnya, mintalah tanda tangan dan stempel perusahaannya. Bila perlu, lakukan legalisasi agar suratnya bisa dipakai berulang kali.

Demikian informasi lengkap mengenai dokumen paklaring. Terakhir, apabila Anda membutuhkan dana tunai cepat untuk membuka usaha setelah resign dari perusahaan atau kebutuhan lainnya, isi formulir pengajuan pinjaman pada kami.

Pinjaman Dana BFI Finance

Pinjaman dana BFI Finance adalah pinjaman multiguna dengan jaminan BPKB Mobil, Motor dan Sertifikat Rumah.


Anda butuh dana cepat untuk kebutuhan pribadi atau usaha dan lainnya? Dapatkan dana tunai cepat di BFI Finance!

Sumber:

Lifepal.co.id. https://lifepal.co.id/media/fungsi-paklaring-kerja-dan-lima-manfaatnya/#Fungsi_surat_paklaring

Butuh Dana? Lakukan Ini!