by Putra

Ada masalah dengan pengurusan perpajakan? Hubungi saja kring pajak! Layanan ini dibentuk untuk meningkatkan mutu pelayanan kantor perpajakan.

Yang menarik, Anda bisa menghubunginya secara online dengan cara yang beragam. Mulai dari email, twitter, hingga live chat.

Apa itu Kring Pajak Pengertian, Fungsi, dan Fitur Lengkapnya

Bahkan, Anda juga bisa memanfaatkan whatsapp untuk mulai melakukan pengaduan dan berbicara langsung dengan tim.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas lengkap mengenai layanan ini. Selamat menyimak.

Pengertian kring pajak

Secara sederhana, kring pajak merupakan sebuah layanan berupa call center yang dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keterbukaan dalam hal informasi perpajakan bagi seluruh wajib pajak (WP). Baik itu perorangan maupun badan usaha atau perusahaan.

Layanan ini dibentuk oleh DJP atau Direktorat Jenderal Pajak dengan arahan langsung dari KLIP atau Kantor Layanan Informasi dan Pengaduan dari DJP.

Ketentuan mengenai kring pajak sudah diatur dalam Peraturan Ditjen Pajak Nomor: PER-22/PJ/2014 dan PER-02/PJ/2014.

Fungsi kring pajak

Fungsi kring pajak

Sesuai dengan definisinya di atas, fungsi dari layanan ini sudah cukup jelas. Berikut ini adalah beberapa fungsinya dalam bentuk poin:

  • Meningkatkan mutu pelayanan.
  • Memudahkan para WP baik perorangan maupun badan usaha untuk melakukan pengaduan.
  • Semakin mudahnya penyebaran informasi seputar pajak kepada seluruh WP baik badan usaha maupun individu.
  • Seluruh WP bisa mendapatkan respons cepat dari tim saat ada pertanyaan atau keluhan.

Selain hal-hal di atas, masih banyak poin lain yang membuat layanan ini sangat penting dan bermanfaat.

Ragam layanan secara umum

Di bawah ini adalah beberapa pilihan layanan yang bisa digunakan oleh masyarakat saat memakai fasilitas dari DJP ini:

  • Bertanya SPT Tahunan.
  • Informasi seputar pajak penghasilan.
  • Mengadukan soal adanya pungutan liar.
  • Informasi tentang pertanyaan seputar kurang bayar atau yang lain.
  • Mengetahui alur pembayaran.
  • Mengetahui alur pelaporan pajak, dll.

Masih banyak hal lain yang bisa dimaksimalkan dari keberadaan fasilitas ini. Agar lebih jelas, kami akan menyajikan beberapa contoh riilnya di bawah ini.

Contoh pelayanan

Berikut ini adalah beberapa contoh riil jenis pelayanan yang bisa didapatkan:

Pungutan liar

Saat misalnya Anda datang ke kantor pajak dan ada oknum tertentu yang meminta uang untuk memperlancar pengurusan surat-surat dengan alasan denda atau admin, maka hal ini bisa langsung dilaporkan ke kring pajak secara langsung.

Karena sistemnya online dan bisa real time, maka Anda akan langsung mendapatkan tanggapan dari tim call center yang melayani. Aduan akan segera ditindaklanjuti sehingga tidak ada kerugian yang akan dialami oleh WP pribadi maupun badan usaha.

Perlu Anda ketahui bahwa hal semacam ini masih sangat mungkin terjadi di lapangan. Masih ada beberapa oknum yang memanfaatkan momen untuk mencari uang tambahan dari cara-cara yang keliru dan kadang menggunakan kondisi mepetnya seseorang.

Berbicara soal kondisi mepet dan kebutuhan dana mendesak, kami adalah perusahaan multifinance yang bergerak di bidang pinjaman dana cepat.

Oleh karena itu, apabila Anda membutuhkan dana tunai sewaktu-waktu dalam waktu singkat, kami bisa membantu mencairkannya.

Baca Juga:

Dapatkan Pinjaman Dana Tunai Saat Anda Membutuhkannya

Jenis pengaduan dan layanan informasi via kring pajak

Berikut ini adalah beberapa jenis pengaduan dan informasi yang bisa Anda dapatkan dari fasilitas DJP ini:

  • Pengaduan atas pelayanan pegawai pajak yang kurang ramah.
  • Terbatasnya sarana dan prasarana yang ada di unit pelayanan kantor pajak terdekat di daerah Anda. Misalnya, hasil cetak Bukti Penerimaan Surat yang tidak jelas atau yang lainnya.
  • Adanya tindak pidana perpajakan, contohnya adalah pembayaran pajak dari WP yang tidak disetorkan kepada negara dan Anda mengetahuinya.
  • Pengaduan atas pelanggaran kode etik dan disiplin kerja yang dilakukan oleh karyawan atau pegawai di DJP. Contohnya adalah adanya pemerasan kepada WP sebagaimana dicontohkan di atas, adanya pemalsuan data oleh pegawai, dan kondisi lainnya.

Itulah beberapa jenis layanan yang dapat Anda adukan melalui fasilitas DJP yang memudahkan para WP ini.

Jenis konsultasi yang bisa didapatkan via kring pajak

Adapun contoh konsultasi yang ada di fasilitas ini adalah:

  • Cara memakai fasilitas elektronik dari DJP seperti e-billing, e-SPT, e-SPT PPN, e-Nova, e-filing, atau yang lainnya.
  • Ketentuan umum soal tata cara administrasi perpajakan, Pajak Pertambahan Nilai (PPn), hingga Informasi Pajak Penghasilan. Baik itu untuk WP pribadi maupun badan usaha.

Jenis konsultasi yang bisa Anda dapatkan cukup lengkap. Jadi, layanan ini memang cukup direkomendasikan.

Sama dengan DJP, kami juga memberikan layanan maksimal kepada seluruh konsumen. Mulai dari informasi produk hingga konsultasi. Semuanya bisa dilakukan secara online. Bahkan, Anda pun dapat mengajukan pinjaman kepada kami melalui situs ini.

Baca Juga:

Butuh Dana Tunai Cepat? Dapatkan Sekarang Juga

Jenis layanan kring pajak yang bisa dimanfaatkan masyarakat secara online

Jenis layanan kring pajak yang bisa dimanfaatkan masyarakat secara online

Secara umum, Anda bisa menggunakan layanan ini dengan menghubungi nomor 1500200. Lebih jelas, berikut ini adalah beberapa jenis pilihan layanannya:

Inbound dan Outbound

Ini adalah layanan pertama dari kring pajak. Yang tercakup dalam layanan ini adalah:

  • Layanan informasi.
  • Berkomunikasi langsung dengan pegawai atau call center.

Sedangkan untuk outbond merupakan layanan panggilan keluar.

Apabila Anda mau memakai layanan ini, cukup hubungi nomor 1500200 dari telepon biasa. Jika Anda menggunakan HP, maka silakan tambahkan kode area 021 pada nomor tersebut. Dengan kata lain, Anda harus menghubungi nomor 0211500200.

Anda bisa menghubungi nomor tersebut dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore WIB. Apabila Anda menghubungi di luar jam ini, maka akan secara otomatis terhubung ke mesin interactive voice response. Layanan ini bisa dihubungi 24 jam penuh.

Berbeda dengan call center yang dihubungi secara langsung, interactive voice response ini melayani seputar info NPWP, kurs pajak, surat pemberitahuan pajak atau SPT, dan beberapa info lainnya.

Layanan kring pajak online

Apabila Anda mengalami kendala saat melakukan cara pertama, cobalah cara online. Langkahnya adalah:

  • Masuk ke pengajuan.pajak.go.id.
  • Daftarlah akun terlebih dahulu. Isi data diri secara lengkap dan benar.
  • Bila registrasi sudah selesai, silakan cek email dan klik link untuk aktivasi
  • Log in ke situs pengajuan.pajak.go.id.
  • Isikan pengaduan secara jelas di kolom pengaduannya.
  • Apabila pengaduan ini disetujui, Anda akan mendapatkan nomor tiket.

Selanjutnya, bila Anda mau tahu status pengaduannya, bisa langsung memasukkan nomor tiket ini melalui email.

Live chat

Apabila Anda ingin langsung mengobrol dengan agen kring pajak, maka silakan manfaatkan layanan live chat. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan live chat:

  • Layanannya bisa diakses langsung melalui pajak.go.id.
  • Akses dilakukan setiap hari dari jam 8 pagi sampai 4 sore WIB.
  • Masukkan identitas diri pada kolom yang tersedia.
  • Untuk memulai obrolan, silakan klik Start Chat.

Lanjutkan dengan mengadukan keluhan-keluhan secara tepat sasaran.

Pilihan layanan lainnya

Selain lewat 3 pintu di atas, Anda juga bisa memilih opsi di bawah ini:

  • Email ke pengajuan@pajak.go.id.
  • Faks ke 021-584792.
  • Via surat ke alamat DJP.
  • Langsung datang ke kantor Direktorat P2HM DJP.
  • Via whatsapp ke linktr.ee/kringpajak_whatsapp. Layanan ini aktif dari jam 8 pagi sampai 8 malam WIB.

Itulah informasi lengkap mengenai kring pajak. Apabila Anda butuh bantuan dana untuk membayar pajak atau mengembangkan usaha, silakan isi formulir pengajuan pinjaman di bawah ini.

Pinjaman Dana BFI Finance

Pinjaman dana BFI Finance adalah pinjaman multiguna dengan jaminan BPKB Mobil, Motor dan Sertifikat Rumah.


Anda butuh dana cepat untuk kebutuhan pribadi atau usaha dan lainnya? Dapatkan dana tunai cepat di BFI Finance!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}