by Putra

Ada 3 cara jualan di Shopee yang mudah dan simpel, yakni daftar atau buat akun, upload produk, dan mengelolanya supaya laris.

Namun, pada kenyataannya penjualan produk di Shopee tak sesimpel itu. Perlu kesungguhan di setiap langkah agar usahanya menghasilkan dan laris manis. Anda juga perlu tahu cara evaluasi toko dan menjadi bagian dari Star Seller bila ingin sukses.

Cara Jualan di Shopee, Daftar, Upload Produk, Tips Agar Laris

Pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang cara berjualan di Shopee. Selamat menyimak.

1. Membuat akun Shopee

Langkah pertama yang bisa ditempuh sebagai cara jualan di Shopee adalah membuat akun. Proses pembuatan akun bisa dilakukan dari perangkat apa saja. Misalnya, HP, laptop, PC, atau yang lain. Pendaftaran ini bisa dilakukan via aplikasi atau langsung ke situsnya melalui browser.

Jika ingin mendaftarkan akun melalui aplikasi, Anda hanya perlu mengunduhnya dulu di Play Store atau toko aplikasi yang sudah disesuaikan dengan HP atau smartphone Anda.

Untuk pengguna android, silakan masuk ke Play Store dan cari Shopee. Silakan lakukan instalasi dulu di HP.

Bila sudah terinstal, silakan lakukan pendaftaran akun dengan klik Daftar dan mengikuti langkah-langkah yang ditampilkan di aplikasi tersebut. Isikan data dengan benar, buatlah username dan password.

Jika Anda ingin mengoneksikan akun Shopee dengan Facebook atau email, silakan klik saja salah satu opsinya. Untuk melakukan verifikasi data, Anda memerlukan nomor telepon atau email.

2. Buat toko Shopee

Akun yang selesai dibuat hanya bisa dipakai untuk membeli produk yang dijual di Shopee. Artinya, akun tersebut belum bisa dipakai untuk menjual sesuatu.

Untuk mulai berjualan, Anda perlu membuka toko terlebih dulu. Silakan lakukan langkah di bawah ini untuk memulainya:

  • Buka aplikasi yang ada di HP.
  • Klik menu Saya.
  • Ketuk pilihan Mulai Jual yang ada di pojok kiri atas.

Dari sini, Anda sudah masuk ke menu penjualan. Anda bisa mengubah profil toko di Asisten Penjual atau Seller Center yang ada di aplikasi Shopee. Kalau mau mengunjungi via browser, silakan klik link seller centre secara langsung.

3. Cara upload produk di Shopee dan mengelolanya dengan baik

Setelah klik Mulai Jual, Anda bisa langsung memasukkan produk yang dijual dengan cara di bawah ini:

  • Klik Tambah Produk untuk mulai menambahkan produk ke toko Anda.
  • Saat menambahkan produk, silakan lengkapi deskripsi produknya berikut kategori dan kolom-kolom yang harus diisi.
  • Jangan lupa pilih jasa kirim dan cantumkan foto secara jelas.
  • Isi stok barang dengan detail supaya memudahkan pembeli dan penjual dalam menghitung jumlah stoknya.
  • Jika menerapkan harga produk secara grosir, maka silakan atur dengan perhitungan yang cermat.

Intinya, dalam memasukkan produk dan harga, Anda harus melakukannya dengan hati-hati supaya perhitungannya tepat dan pembeli pun tertarik.

4. Mendapatkan fitur gratis ongkir

Saat sudah mulai melakukan cara berjualan di Shopee sebagaimana disampaikan di atas, Anda tidak akan langsung mendapatkan fitur gratis ongkir. Perlu dilakukan langkah verifikasi secara khusus untuk mendapatkan fitur ini.

Verifikasi tersebut adalah dengan cara mengunggah KTP asli dan selfie dengan membawa KTP asli. Pastikan gambarnya jelas.

Pengajuan ini mungkin membutuhkan sedikit waktu, jadi Anda perlu menunggu sampai pengajuannya disetujui oleh tim Shopee.

5. Lengkapi proses pembuatan toko

Proses pembuatan toko tidak berhenti di penambahan produk secara detail dan pengajuan fitur gratis ongkir. Lebih dari itu, Anda perlu mengisi informasi toko secara detail. Mulai dari nomor rekening, pengaturan toko, dan yang lainnya.

Yang paling penting dari itu semua adalah nomor rekening karena di sinilah Anda bisa menampung uang yang dihasilkan dari berjualan di marketplace ini.

6. Cara jualan di Shopee agar laris dan cepat laku

Jika toko sudah jadi, Anda bisa langsung melakukan penjualan. Inilah awal langkah Anda berjualan di Shopee. Sama halnya dengan penjualan di toko offline, Anda perlu melakukan pemasaran dan strategi yang tepat supaya produknya laris dan cepat laku.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan:

Menggunakan fitur naikkan produk

Setelah mengunggah produk, Anda akan menemui menu untuk menaikkan produk. Menu ini bermanfaat untuk menampilkan produk Anda di halaman pencarian.

Cara jualan di Shopee agar laris dan cepat laku - Fitur Naikkan Produk

Fitur ini gratis jadi harus dimanfaatkan dengan maksimal. Dalam sekali waktu, Anda hanya bisa menaikkan beberapa produk dengan batasan tertentu. Waktu kenaikannya juga terbatas, yakni selama 4 jam saja.

Setelah 4 jam, menu naikkan produk akan muncul lagi di halaman Produk Saya. Anda bisa menaikkan produk yang sama atau produk lain yang potensinya lebih besar.

Membeli iklan

Bila ingin produknya masuk di halaman pencairan terus, maka silakan mengiklankan produk. Berbeda dengan “Naikkan Produk”, fitur ini berbayar. Anda tinggal isi saldo dan menentukan iklannya akan tayang dalam waktu tertentu.

Kalau butuh pinjaman dana untuk mengelola toko online semacam ini, silakan hubungi kami.

Baca Juga:

Dapatkan Pinjaman Dana Tunai Saat Anda Membutuhkannya

Gunakan promo-promo khusus

Saat memasang harga, Anda bisa memberikan diskon khusus kepada para pelanggan. Ini akan muncul di detail produk saat pengguna lain mencarinya di halaman pencarian. Dengan promo tertentu, mereka akan jauh lebih mudah tertarik dengan produk yang dijual.

Coba upgrade toko

Cara jualan di Shopee berikutnya adalah dengan meng-upgrade toko. Ada beberapa jenis toko di platform ini. Di antaranya adalah Star, Star+, dan Shopee Mall.

Cara jualan di Shopee agar laris dan cepat laku - Upgrade toko

Untuk pengguna perorangan, mereka bisa menjadi Star atau Star+. Keduanya memiliki kelebihan atau fitur masing-masing. Sebagai pengusaha online, Anda harus mengetahuinya.

Syarat dan ketentuannya bisa langsung dicek di menu Upgrade Toko yang ada di pengumuman penjual di toko Anda.

Berikut ini adalah beberapa contoh kriteria untuk jadi Star Seller di Shopee:

  • Punya KTP, terdaftar dan diverifikasi oleh Shopee.
  • Persentase chat minimal 75%.
  • Penilaian toko minimal 4,5.
  • Transaksi berhasilnya minimal 30 dengan pendapatan bersih minimal 100 juta.
  • Melayani minimal 10 pembeli berbeda di bulan sebelumnya.
  • Tidak punya poin penalti.
  • Tidak ada riwayat pesanan yang tidak wajar, dll.

Setelah menjadi Star Seller, Anda harus mempertahankan performa toko. Bila tidak, fitur seperti cashback atau promo lain akan hangus.

Jika Anda butuh dana 100 juta untuk upgrade toko, silakan gadai mobil pada kami. Tim akan langsung membantu dengan cepat.

Baca Juga:

Butuh Dana Tunai Cepat? Dapatkan Sekarang Juga

Cara berjualan di Shopee tanpa modal

Ada banyak orang yang telah berhasil berjualan di Shopee tanpa modal. Caranya adalah dengan menjadi dropshipper.

Platform ini membuka kesempatan kepada seluruh penggunanya untuk membeli produk di Shopee dengan alamat pengirim yang sudah disesuaikan.

Jika Anda berniat bisnis dropship dari platform ini, silakan lakukan langkah di bawah ini:

  • Cari supplier.
  • Sesuaikan alamat toko Anda dengan alamat toko supplier.
  • Komunikasikan dengan supplier-nya.

Agar bisa bertahan lama di bisnis ini, silakan cari supplier yang berpengalaman, amanah, dan mudah diajak berkomunikasi.

Evaluasi perkembangan toko

Ikuti terus perkembangan toko yang ada di Shopee. Manfaatkan dengan baik fitur Pengumuman Penjual, Edukasi Penjual, dan cek Kesehatan Toko. Semua menunya sudah tersedia di aplikasi.

Demikian informasi tentang cara jualan di Shopee. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jika masih belum bisa melangkah karena terkendala dana. Pinjam dulu dananya pada kami.

Pinjaman Dana BFI Finance

Pinjaman dana BFI Finance adalah pinjaman multiguna dengan jaminan BPKB Mobil, Motor dan Sertifikat Rumah.


Anda butuh dana cepat untuk kebutuhan pribadi atau usaha dan lainnya? Dapatkan dana tunai cepat di BFI Finance!

Sumber:

Seller.Shopee.co.id. https://seller.shopee.co.id/account/signin?next=%2F

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}